Baby and Kids on Industries : Never Ending Money Treasures

tulisan ini dimulai dengan rasa gemes (rasa baru niie.. ) dengan foto anak-anak temen yang modis di media sosial... lucu-lucu bangeed, gak jarang pake brand2 terkenal... jadi penasaran berapa budget orang tuanya buat belanja baju yaa.. secara yaa ...kalo aku belanja pakaian anak-anak, yang penting harga, bahan, n model nya.. dengan 2 anak laki2 di rumah, yang penting mereka enak pake baju n sesuai dengan occasion nyaa..

Naah... Indonesia adalah negara dengan  golongan usia produktifnya cukup tinggi, banyak orangtua muda yang baru menikah dan mempunyai anak dan ingin "mendandani" anak mereka agar terlihat semakin imut dan menggemaskan.. i just thinking that fashion for baby and toys is never ending industries... absolutelly right! selagi masih ada yang melahirkan di dunia ini, maka baby fashion and toys juga masih akan terus ada... brand fashion kenamaan dunia juga berlomba-lomba mengeluarkan produk fashion yang mini size untuk anak-anak dan dibandrol dengan harga yang irasional, yang seringkali jauh lebih mahal dibandingkan baju orang dewasa. warna yang cerah menjadi karakteristik fashion anak. kualitas yang ditawarkan pun beragam, dari yang polyster sampe organic cotton, dengan harga yang variatif.. Aneka kosmetika bayi pun bermunculan, sebagai kebutuhan wajib bayi dan anak2, padahal penelitian terbaru menunjukkan, penggunaan kosmetik bayi seperti sabun, bedak dll tidak signifikan memberikan dampak positif pada kesehatan anak, malah beresiko mengundang alergi.

Anak-anak dekat sekali dengan karakter film baik kartun maupun animasi modern. Karakter baru semakin banyak dimunculkan untuk menambah varian imajinasi orang tua kepada anak anak mereka, dulu kita hanya mengenal dari jaman mickey mouse dan gundam sampai transformer, cars, barbie frozen... Jepang, Amerika dan menyusul Korea adalah negara-negara yang berhasil menciptakan karakter-karakter kartun dan animasi anak yang mana semua karakter diciptakan untuk menunjang industri fashion and toys.. tak sedikit anak-anak yang fanatik dengan tokoh karakter tertentu dan menjadi kolektor mainan... kebayang dong berapa banyak duitnya Disney, marvel, dkk yang terlibat dalam industri ini... yang pemain lokal juga kecipratan lho, sablon sederhana bergambar doraemon di baju kaos yang dijual murah meriah juga bisa menjanjikan keuntungan, karena pasar bagi kelas ekonomi menengah (seperti akuuw) juga sangat tinggii..

selain berbentuk produk seperti fashion and toys diatas, di bidang jasa juga memiliki peminat tersendiri, terutama di daerah urban, seperti salon anak, playground, daaan Day Care.. Yuppzz... tempat pengasuhan alternatif ini (gak enak banget kalo dibilang tempat penitipan anak.. emangnya anak kitaah barang ;p)  menjadi kebutuhan yang tak bisa dinomorsekian-kan bagi orangtua muda yang bekerja. Day care dengan lokasi strategis, fasilitas yang mumpuni, sampai dengan kualitas pengasuh yang baik sangat dicari.. tentu harganya tidak murah.. para orang tua muda ini pun tak segan mengeluarkan 1/3 gaji mereka untuk biaya day care yang menurut mereka representatif.  Selain itu jasa konsultasi pendidikan dan perkembangan anak menjadi peluang bisnis tersendiri... people said "there is no school to be parents, is absolutely right.. but you need advice and another point of view from expert"... seminar parenting semakin menjamur dimanapun, coz everyone have great expectation for their kids, parents will do everything to make a smart kid with good attitude...

sekolah untuk balita menjadi bisnis yang tak bisa dipandang sebelah mata, franchise sekolah2 dari luar juga sudah menjejakkan kakinya di negara kita tercinta ini.. metode yang dipakai pun beragam, dari Montessori, kumon, outdoor school, sampai homeschooling hadir sebagi pilihan yang kadang membingungkan orang tua. Ada yang mengklaim standar nasional sampai internasional, pengantara bahasa Indonesia sampe pengantar 3 bahasa menambah kompleksitas pilihan... Harganya nggak murah lhoo, uang masuknya bisa 8digit dengan uang bulanan 6digit...

these are never ending money treasures.. Yess... baby and kids needs always spent money and earn money for some people... it is important as parent to be wise to choose the best for your kiddos... yuupz.. as parents always do.. :)

Comments

Popular Posts